Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan lomba “Rayakan Merdekamu” dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia. Sebagai bangsa yang kuat, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak para pelajar, mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta wartawan di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

Peserta didik, pelaku seni dan budaya, serta masyarakat umum dapat mengikuti momen perayaan ini dengan mengikuti salah satu jenis ajang ini yaitu Lomba Video Karya Kreatif Kebinekaan. Dalam jenis lomba ini, peserta diminta membuat video kreatif bertema “Kebinekaan” dengan mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional.

SMAN 4 Madiun mengirim perwakilan dalam kompetisi tersebut, di bawah bimbingan Bapak Cahyo Dewanto, S.Pd dan Ibu Hellena, S.Pd, sekolah menunjuk Tim Ektrakurikuler Teater dan Tari untuk menjadi perwakilan sekolah dalam lomba ini. Lomba yang di ikuti adalah Lomba Video Kreatif Kebinekaan, dengan menampilkan kreasi tari dari dongkrek. Tari Dongkrek Kreasi ini adalah gabungan dari dua bentuk kesenian yang ada di Madiun, Kesenian Dongkrek merupakan salah satu sejarah budaya yang berkembang di Madiun, dipadukan dengan seni pencak silat yang menjadi icon kota Madiun dikemas dalam satu konsep yang menarik dengan gerak dinamis sebagai wujud representasi wanita yang tangguh, berani, dan mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.